Thursday, April 14, 2011

ower Supply DC berfungsi sebagai sumber tegangan searah berbagai peralatan elektronik yang berperan penting untuk menjalankan suatu system elektronik. Tidak ada satu pun perangkan elektronik yang dapat bekerja tanpa power supply.

Tegangan output yang dihasilkan oleh sebuah power supply disesuaikan dengan kebutuhan perangkat elektronik misalnya 5 Volt DC, 10 Volt DC, 12 Volt DC, 48 Volt DC bahkan di antaranya ada yang memerlukan supply tegangan DC sampai ratusan Volt.

Untuk menghasilkan tegangan DC diperlukan system regulator DC yang berfungsi untuk menghasilkan tegangan output stabil setelah tegangan sumber AC dari PLN diturunkan dan dikonversi menjadi tegangan DC (searah).

Di bawah ini adalah contoh sedehana rangkaian Power Supply DC 5 Volt menggunakan IC 7805. Dengan regulator tegangan 5 volt ini, berapapun input AC yang masuk akan dikonversi menjadi tegangan output DC stabil 5 Volt. Tentu saja tegangan input harus dalam batas maksimum spesifikasi yang diperbolehkan.
Cara kerja rangkaian

Tegangan murni AC 220 V/ 240V dari PLN diturunkan oleh Transformator (Trafo) yang mempunyai fungsi untuk menurunkan dan menaikan tegangan AC. Dalam hal ini tegangan sudah diturunkan menjadi 12 Volt AC. Tegangn 12VAC ini kemudian disearahkan dengan 4 buah Dioda (Dioda Bridge) 1N4001 menjadi tegangan searah 12 Volt s/d 16 Volt.

Tegangan DC tersebut belum benar-benar DC tetapi masih terdapat ripple AC dengan frekwensi sesuai input AC dari PLN (50-60 Hz). Di sinilah fungsi dua buah Condensator 4700uF dan 100nF yang bertugas menyaring dan memperkecil ripple AC sehingga makin mendekati grafik tegangan DC.

Hasil saringan tersebut masih belum mencapai tegangan yang diinginkan (5 Volt), untuk itu diperlukan IC regulator 7805 yang berfungsi untuk menstabilkan tegangan output menjasi 5 Volt DC. Ripple AC yang masih ada di buang melalui dua Condensator 100nF dan 1uF.

Jadi tegangan AC (bolak-balik) 220V/220V AC dari PLN, setelah diproses melalui rangkaian regulator DC 5Volt ini akan menjadi tegangan stabil DC (searah) 5 Volt yang dapat digunakan sebagai power suplya DC perangkat elektronik yang sesuai.

Related Articles

Regulator Tegangan dengan IC 78XX
Jumat, 04 Maret, 2011/ 19:39
Toggle Switch
Kamis, 03 Maret, 2011/ 20:40

No comments:

Post a Comment