Thursday, March 24, 2011

Interfacing Paralel Port >> Rangkaian ADC menggunakan Port Paralel
Port Paralel DB25 terdiri dari tiga bagian yaitu 8 buah Pin Data, 5 buah Pin Status dan 4 buah Pin Control.( Baca Lagi Artikel tentang Port parallel). Sehingga dengan pin-pin tersebut kita dapat memamfatkannya untuk berbagai keperluan. Salah satu fungsinya adalah untuk mengambil data dari luar atau dari lingkungan, dengan kata lain data berupa inputan baik digital maupun analog, seperti temperature. Namun Data Analog yang diambil tidak dapat langsung diolah tetapi harus diposes terlebih dahulu karena data tersebut adalah data analog. (baca Materi ADC). Sehingga kita membutuhkan hardware tambahan berupa IC ADC dan Rangkaian ADC pendukungnya.
Dibawah ini adalah rangkaian ADC yang menggunakan sebuah IC0804 dan port parallel sebagai jalur data nanti. 4.

Gambar.1 Rangkaian ADC menggunakan PORT PARALEL

Rangkaian ADC diatas dihubungkan ke komputer melalui port paralel pada Pin Data 0 hingga 7 ( Pin 2 hingga Pin 9 DB25 ) untuk membaca data ADC dari Sistem Tersebut. Sinyal Status yang digunakan adalah Error ( Pin 15 DB25 ) yang dihubungkan ke Pin 5 IC ADC 0804 ( negasi INTR ). Dan dua buah sinyal kontrol dibutuhkan dari komputer untuk mengaktifkan ADC (Pin 2 dan Pin 3 ADC (negasi RD dan negasi WR)), Pin Kontrol yang digunakan adalah Pin 1 dan Pin 16 DB25 (negasi Strobe dan Negasi Init). Sebenarnya Pin 2 dan 3 IC ADC 0804 dapat langsung dihubungkan ke ground namun hal tersebut akan menyebabkan kita kesulitan untuk mlakukan pengontrtolan ADC saat melakukan pembacaan data.
Dan untuk sinyal masukan ( Input Analog ) akan kita hubungkan ke Pin 6 IC ADC 0804. Input ini dapat berasal dari Sensor Suhu/Temperatur seperti LM35 atau dari sensor Ping atau juga dari sensor Infrared dan paling mudah menggunakan Sensor Posisi (Potensiometer). Dan untuk Programnya dapat kita buat dengan mengguanakn Visual Basic 6.0 ,Delphi ,C atau bahasa pemrograman lainnya.

Selamat Mencoba!
Saya juga sedang belajar untuk melakukannya. Sekarang saya bagikan terlebih dahulu informasinya jadi kita bisa sama-sama belajar.

No comments:

Post a Comment